Cari Blog Ini

Kamis, 07 Juli 2011

Tips Cara Setting Karburator

Peranti yang 1 ini sangatlah vital karena merupakan salah satu bertugas menghasilkan tenaga dari motor tersebut, salah penanganan maka akan sangat berdampak pada performa motor tersebut. Di posting saya kali ini akan berbagi tips cara mensetting karbu yang benar.
Pertama putar baut langsam menggunakan obeng pada karbu ke arah kanan hingga idle motor terasa tinggi, kencangkan/putar ke arah kanan baut setelan angin hingga mentok tarik sekali gas (geber maksudnye) setelah itu kendorkan baut setelan angin perlahan sambil dirasakan (pake feeling gitu) mesin meraung paling konsisten artinya tidak brebet atau nembak2 geber sekali selesai deh. Untuk mengecek beneratau gaknya setelan bro bisa ngecek lewat keadaan ujung busi kalo item berarti setelan angin kurang dibuka (boros), jika putih pucat berarti setelan terlalu terbuka (keiritan saking pelitnya), warna merah bata pada busi adalah kondisi setelan pas.
Tambahan dari saya kalo setting karbu motor sebaiknya jangan tahan gas pake tangan, apalagi biasanya nyettingnya sambil digeber-geber selesai setting tambah juga digeber2 itu namanya pemerkosaan terhadap mesin. Kalo sayang ama motor kita gak perlu lakukan hal seperti itu,perlu diingat mesin motor baik konvesional maupun beradiator sangat bergantung pendinginan pada hembusan angin pada waktu melaju, tidak seperti mobil yang memiliki ekstra fan pada radiatornya jadi baik diem atau jalan mobil sich cool2 aja. Lama kelamaan komponen mesin cepet aus walaupun tidak terasa dalam jangka waktu pendek, dari pabrikan juga menganjurkan pemanasan motor pada pagi hari tidak lebih dari 2 menit.Yang lebih jengkelkan lagi kalo servis di bengkel waktu nyetting digeber2 bikin naek darah, kan ntuh mekanikkan gak ngerasain beli ntuh motor jadi mana peduli doi. Sekian posting dari saya semoga bisa membantu ditunggu masukan dan pertanyaan seputar motor, salam peace dan first safety riding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar