Cari Blog Ini

Tips merawat motor kesayangan anda

Sebagai alat transportasi pastinya anda sangat mengharapkan yang terbaik bagi motor kesayangan anda, tapi mungkin dengan berjalannya waktu, pemakaian dan lain lainnya motor anda akan menurun dari segi kenyamanan dan performa.

Di KONSULTASI dan DISKUSI  tentang motor kali ini akan membahas dari segi kenyamanan.

1. Kabel gas dan kabel kopling                                                                                                       Bukankah hal yang menjengkelkan jika gas motor ditarik terasa berat atau gak mau balik lagi? kalo terasa   berat dari sebagian orang sich fine2 aja tapi kalo gak balik lagi? kan repot saat rem mendadak bisa-bisa ente nyeruduk yang didepan (kan berabe), juga motor kopling manual bikin pegel jika kopling motor kita terasa berat apalagi kalo macet weleh-weleh kudu diurut tuhtangan. Nah saya mau bagi tips untuk mengatasi masalah itu, bongkar katrol rem yang di setang juga yang nyangkut di skep karbu. setelah dicopot bro sekalian bisa nyediain bensin di wadah/baskom, celupin kabel gas kedalam bensin tadi sembari ditarik seling bajanya maju mundur biar kotoran di dalamnya keluar. Nah setelah selesai dilumasi sebaiknya dilumasi pake minyak sayur, kenapa? karna mnyk sayur lebih tahan licinnya daripada bro pake w*4*, itu mah cuma sebentar tahannya. Pada handle grip di setangnya lumasi oli yang kental jangan pake gemuk karna gemuk lama kelamaan mengeras jika kecampur debu, setelah selesai pasang kembali dari handle terakhir pada skep karbu. Langkah yang sama juga untuk membersihkan kopling cukup bensin dan minyak sayur. Perawatan optimal dilakukan 3-4 bln sekali.

2. Rem (cakram/tromol)
Pada rem cakram kalo lama kelamaan kena hujan dan panas biasanya suka bunyi sret sret (selain kanvas habis) gitu atau kadang seret, biasanya pada master rem (kepala babi) numpuk tuh yang namanya kotoran. ngatasinnya gampang kalo gak punya duit kebengkel, bongkar master rem copot kanvas, cuci kanvas pake detergent sama masternya cabut braket rem biasanya pada karet pendorong pelumasnya sudah kering makanya setelah pengereman master rem gak balik lagi makanya bunyi sret2 sama seret. Bro bisa tuangin oli kental kedalam kedua karet tersebut jangan pake gemuk. Setelah selesai rakit kembali rem dan pasang kembali.Pada rem tromol biasanya bunyi berdecit atau malah lost (gak pakem), biasanya itu udah numpuk kotorannya bro sekalian bisa bongkar dan cuci rem pake detergent kalo ingin lebih siip kanvas bisa dibikin menempel pada kanvas yang biasanya berakibat rem los. Setelah selesai rakit dan pasang kembali,rasakan perbedaannya rem pakem yang pasti lebih safe donk? perawatan rem dilakukan paling ngga 3-4 bln sekali.

3. Komstir
Yang satu ini biasanya orang menganggap sepele, karna posisinya yang tersembunyi. Padahal jika terabaikan lama kelamaan komstir bakal mengganggu kenyamanan berkendara anda malah bisa-bisa komstir rusak,pelor pecah. Cara merawatnya bongkar  komstir,periksa apakah pelor ada yang aus atau pecah, ganti aja mendingan harganya cuma Rp. 25.000. Pasang kembali komstir setelah dilumasi gemuk (jangan pake gemuk hitam yang 5000 perak mending pake gemuk cap cobra yang ijo warnanya karena komstir dirawat paling ngga 6bln - 1thn sekali jadi pake yang bagusan hrgnya 40rban kalo gak salah).

Sekian dulu postingnya sory masih berantakan karena saya masih baru. Ditunggu komennya, dan juga pertanyaannya seputar roda 2. semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar